Blog Image

Blog

Posisi Tidur Terbaik Untuk Tubuh Kamu

January 8, 2021
/
General
Posisi Tidur Terbaik Untuk Tubuh Kamu image

Hai #sahabattomomi, kalian pernah nggak sih ngerasa tubuh kalian sakit pas bangun tidur? Kalau posisi tidur kamu bikin kamu nggak nyaman, itu tandanya kamu tidur dengan posisi yang salah. Posisi tidur yang salah bisa bikin kamu menderita sakit seperti nyeri pada leher dan punggung saat bangun tidur. Kalau kamu merasa badan kamu sakit dan tidak nyaman saat bangun tidur, maka kamu harus mengganti posisi tidur kamu menjadi lebih baik. Posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kamu, lho #sahabattomomi!
Berdasarkan kutipan dari dr. Andreas Wilson Setiawan dari hellosehat.com, terdapat beberapa posisi tidur yang baik berdasarkan kondisi seseorang:
1. Posisi tidur telentang
Posisi tidur telentang ini dapat mencegah sakit leher dan sakit punggung karena posisi kepala, leher, dan tulang belakang berada di posisi netral. Selain itu, posisi ini juga mengurangi naiknya asam lambung. Saat tidur telentang dan kepala ditinggikan, posisi perut akan berada di bawah kerongkongan sehingga dapat mencegah asam lambung naik ke atas. Posisi tidur telentang juga dapat meminimalkan keriput dan dapat mempertahankan bentuk payudara.
2. Posisi tidur miring
Posisi tidur miring dapat mencegah sakit leher dan sakit punggung, mengurangi naiknya asam lambung, mengurangi dengkur, dan ini merupakan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. Posisi tidur ini baik bagi tulang belakang karena pada posisi tidur miring tulang belakang dapat memanjang. Untuk ibu hamil, posisi miring ke kiri adalah yang paling baik karena membantu melancarkan peredaran darah. Kamu bisa meletakkan bantal di atas bahu kamu agar kepala dan leher berada di posisi netral.
3. Posisi tidur tengkurap
Posisi tidur ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan sakit leher, sakit punggung, menimbulkan keriput, dan membuat kamu menjadi lebih mudah untuk mendengkur. Posisi tidur tengkurap dapat membuat tulang belakang sulit untuk berada pada posisinya sehingga menyebabkan sakit leher dan punggung.
4. Posisi Tidur bagi Bayi dan Ibu Hamil
Posisi tidur tengkurap atau miring dianggap kurang aman bagi bayi, karena memungkinkan terjadinya gangguan pada pernapasan mereka. Bayi yang tidur dengan posisi miring dapat berubah posisi menjadi tengkurap, sehingga meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).
Sedangkan untuk ibu hamil, posisi tidur yang umumnya direkomendasikan adalah posisi menyamping ke sebelah kiri. Posisi ini dikatakan baik untuk ibu hamil karena dapat memperlancar aliran darah ke plasenta dan bayi di dalam kandungan. Namun, jika merasa tidak nyaman saat tidur dalam posisi ini, ibu hamil dapat memilih posisi lain yang dirasa paling nyaman.
Posisi tidur yang baik juga perlu didukung dengan tempat tidur beserta bed cover set yang berkualitas. Kamu bisa pilih sprei dan bed cover yang nyaman dan nyaman seperti sprei dan bed cover dari Tomomi loh! Tak hanya motifnya yang beragam, tekstur kain dari sprei Tomomi juga sangat lembut dan nyaman. Sprei dan bed cover dari Tomomi memiliki warna yang tidak mudah pudar meski dicuci berkali-kali. Dapatkan semua koleksi sprei dan bed cover Tomomi di https://www.tomomi.co.id/.
Semoga artikel kali ini dapat berguna untuk para #sahabattomomi sekalian. Pastikan kalian mengikuti blog kami selalu, kami akan berusaha membagikan hal-hal yang berguna dan menambah pengetahuan kita bersama. Stay TUNED!
Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kelebihan-dan-kekurangan-berbagai-posisi-tidur/
https://www.alodokter.com/memilih-posisi-tidur-yang-baik-untuk-kesehatan

dari telah membeli
sekitar lalu